Dampak Positif dan Negatif dari Perdagangan Internasional

1. Dampak Positif
1.       Mempererat persahabatan antar bangsa karena akan membuat tiap negara mempunyai rasa saling membutuhkan dan rasa perlunya persahabatan.
2.       Menambah kemakmuran negara karena negara yang memiliki kelebihan barang dapat menjualnya ke negara lain, dan negara yang kekurangan barang dapat membelinya dari negara yang kelebihan, sehingga akan menambah pendapatan negara yang akhirnya akan menambah kemakmuran negara tersebut.
3.       Menambah kesempatan kerja dimana negara pengekspor akan dapat menambah jumlah produksi untuk konsumsi luar negeri. Naiknya tingkat produksi ini akan memperluas kesempatan kerja. Negara pengimpor juga mendapat manfaat, yaitu tidak perlu memproduksi barang yang dibutuhkan sehingga sumber daya yang dimiliki dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih menguntungkan.
4.       Mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi karena akan mendorong produsen untuk meningkatkan mutu hasil produksinya dengan membuat produknya memiliki keunggulan dalam bersaing.
5.       Sumber pemasukan kas negara dimana hal itu dapat meningkatkan sumber devisa negara. Oleh karena itu banyak negara yang mengandalkan sumber pendapatannya dari pajak impor dan ekspor.
6.       Menciptakan efisiensi dan spesialisasi dimana negara-negar ayang melakukan perdagangan internasional tidak perlu memproduksi semua barang yang dibutuhkan. Akan tetapi hanya memproduksi barang yang diproduksi secara lebih efisien dibandingkan dengan negara lain.
7.       Memungkinkan konsumsi yang lebih luas bagi penduduk suatu negara dimana warganegaranya dapat menikmati barang-barang dengan kualitas yang lebih baik dan lebih tinggi yang tidak diproduksi di dalam negeri.

2. Dampak Negatif
1.    Adanya ketergantungan suatu negara terhadap negara lain.
2.       Adanya persaingan yang tidak sehat dalam perdagangan internasional.
3.       Banyak industri kecil yang kurang mampu bersaing menjadi gulung tikar.
4.       Adanya pola konsumsi masyarakat yang meniru konsumsi negara yang lebih maju.
5.       Terjadinya kekurangan tabungan masyarakat untuk investasi karena masyarakat akan cenderung lebih konsumtif.
6.       Timbulnya penjajahan ekonomi oleh negara yang lebih maju.


Dampak Positif dan Negatif dari Perdagangan Internasional Dampak Positif dan Negatif dari Perdagangan Internasional Reviewed by Selalu Ada on November 03, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.