Makalah Perdagangan

KATA  PENGANTAR

Segala  puji  hanya  milik  Allah.  Sholawat  dan  salam  kepada  Rasulullah.  Berkat  limpahan  rahmat-Nya  penyusun  mampu  menyelesaikan  tugas  makalah  ini.

Puji syukur kami ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya kami masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan makalah ini.

Dalam  makalah  ini  kami  akan  membahas  masalah  perdagangan.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis angat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amin.


DAFTAR ISI


Kata Pengantar................................................................................................
Daftar Isi.........................................................................................................
Bab I Pendahuluan .......................................................................................

      A.Latar belakang.......................................................................................            
B.Tujuan...................................................................................................
Bab II Isi
     A.Pengertian perdagangan..........................................................................
     B.Tujuan perdagangan................................................................................
     C.Hal-hal yang mendorong timbulnya perdagangan .....................................
      D.Tugas-tugas perdagangan........................................................................
      E.Alat-alat Perlengkapan Pembantu Kelancaran Perdagangan......................
      F.Pengelola perdagangan............................................................................
Bab III Penutup
     A.Kesimpulan ............................................................................................
     B.Saran .....................................................................................................
Daftar Pustaka ...............................................................................................


 BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Dalam menghadapi era globalisasi kini setiap perusahaan mengubah format strategi pemasaran salah satunya berorientasi pada bagaimana membangun perusahaan yang kuat. Oleh karena itu, perusahaan harus mengembangkan strategi pemasarannya agar tetap bertahan ditengah-tengah gelombang persaingan untuk memasuki pasar yang cukup tinggi. Dan satu yang tidak boleh dilupakan oleh perusahaan adalah konsumen, perlu disadari bahwa perubahan gaya hidup saat ini menyebabkan konsumen juga mempunyai cara sendiri dalam memenuhi kebutuhan konsumen.
            Setiap perusahaan dalam memasarkan produknya menerapkan berbagai macam strategi pemasaran. Kegiatan pemasaran pada intinya memfouskan diri pada roduk,penerapan harga, kebijakan distribusi dan cara promosi, yang dalam hal ini dikenal sebagai bauran pemasran. Kegiatan pemasaran tentunya membutuhkan sesuatu strategi. Strategi ini tentunya harus mampu memberikan kontribusi terhadap pencapaian tujuan perusahaan yaitu meningkatkan penjualan. Maka dari itu masyarakat Indonesia saat ini sangat membutuhkan pengetahuan tentang perdagangan, vbagaimana cara berdagang yang baik dan benar sehingga dapat ukses dalam berdagang, khususnya para generasi muda, terutama mahasiswa, mereka dituntut untuk dapat menemukan trobosan-trobosan baru dalam berdagang, sehingga kegiatan perdagangan dapat mencapai kesuksesan.

B.Tujuan
            Tulisan ini bertujuan untuk menambah wawasan para pembaca, khususnya para mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Lampung agar dapat memahami dan mengerti arti dari perdagangan.

BAB II
PEMBAHASAN
A.Pengetrian perdagangan
            Perdagangan adalah seluruh kegiatan usaha dagang yang dilakukan orang-orang dan badan-badan, yaitu dalam pembelian dan penjualan atau pertukaran barang dan jasa, yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan.
B.Tujuan perdagangan

            Tujuan-tujuan kegiatan perdagangan antara lain:
1.      Memenuhi kebutuhan manusia.
2.      Memperoleh penghasilan.
3.      Mengusahakan pemerataan hasil.
4.      Meningkatkan kemakmuran masyarakat.
5.      Mendorong kegiatan ekonomi lainnya.
6.      Mendorong kemajuan dibidang-bidang tertentu.

C.Hal-hal yang mendorong timbulnya perdagangan
            Hal-hal yang mendorong terjadinya perdagangan yaitu:
1.      Kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan beraneka ragam jenisnya.
2.      Adanya perbedaan kecakapan antara manusia yang satu dengan yang lainnya.
3.      Letak geografis dimana manusia itu hidup.
4.      Latar belakang dan kemajuan pendidikan, kebudayaan, berhubungan, dan bidang teknik.                                       
5.      Pertambahan jumlah penduduk.

Tugas-tugas perdagangan
            Perdagangan adalah merupakan penghubung keduaya, maka pada dasarnya tugas-tugas perdagangan, antara lain sebagai berikut:
1.      Mengumpulkan atau membeli barang dagangan.
2.      Memilih atau menyortir dan mengelompokkan barang-barang dalam kualitas tertentu
3.      Menyimpan barang.
4.      Memindagkan barang ketempat yang tidak ada atau kekurangan barang tersebut.
5.      Membagikan atau mendistribusikan barang dari produsen kepada konsumen dengan jalan penjualan.

E. Alat-alat Perlengkapan Pembantu Kelancaran Perdagangan
            Untuk mrncapai kelancaran dalam perdagangan, ada beberapa alat perlengkapan yang biasa digunakan, antara lain:
1. Alat tukar menukar, seperti: uang kertas dan logam, cek, giro bylet, kartu kredit, dan lain-lain.
2. Alat-alat pengukur seperti: pengukur berat, pengukur isi, panjang pengukur luas,dan lain-lain.
3. Dikumen-dokumrn dagang sepert: surat kontrak, bukti order, bukti penawaran, tanda terima, dan lain-lain.
4. Surat-surat berharga seperti : saham, obligasi, wesel bayar, wesel tagih, sertifikat saham, dan lain-lain.
5. Alat-alat komunikasi seperti: telepon, telegrap, faximili, computer, surat, media cetak, dan lain-lain
6. Alat transportasi seperti: mobil, motor, kapal laut, pesawat terbang, kerata, dan lain-lain


F.Pemgelola Perdagangan
            Apabila kita lihat dari sudut pelaksana atau pengelolaanya,maka perdagangan ini maka dapat dibagi menjadi dua, yaitu:
1.      Perdagangan yang dikelola oleh pihak swasta.
2.      Perdagangan yang dikelola oleh pemerintah pusat maupun daerah,umumnya berupa BUMN dan BUMD.

Macam-macam dan Manfaat Perdagangan

Faktor-faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan                                                                                             
a.Terwujudnya suatu kemakmuran bagi masyarakat (factor pendorong utama).
b.Memenuhi kebutuhan (barang/jasa) yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri maupun melalui kegiatan impor.
c.Menyebarluaskan dan mengembangkan penggunaan teknologi bagi percepatan pertumbuhan ekonomi.
d.Memperoleh dan mengembangkan penggunaan teknologi bagi percepatan pertumbuhan ekonomi.
e.Memperoleh manfaat yang ditimbulkan oleh adanya spesialisasi.

Manfaat Perdagangan Internasional.
a.Meningkatkan pendapatan Negara, hal ini ditujukan dengan semakin bertambahnya penerimaan devisa umum, yaitu devisa yang diperoleh dari hasil ekspor (manfaat utama).
b.Dapat mencukupi kebutuhan barang/jasa yang tidak dapat tau belum mampu diproduksi di dalam negeri.
c.Memperlancar kegiatan ekspor dan membantu impor barang-barang yang dibutuhkan industri dalam negeri.
d.Meningkatkan industri dalam negeri.
e.Meningkatkan pendapatan masyarakat.
f.Mendorong pertumbuhan/perkembangan dunia usaha.
g.Mendorong adanya hubungan ekonomi secara timbal balik.

Macam-macam Perdagangan Internasional.
a.Perdagangn bilateral : adalah perdagangn yang dilakukan antar dua Negara.
Misal : Perdagangan yang dilakukan anatara Indonesia dengan Singapura.
b.Perdagangan regional : adalah perdagangan yang dilakukan dalam atu kawasan tertentu.
Misal : Perdagangan dalam ASEAN.
c.Perdagangan antar-regional : adalah perdagangan yang dilakukan antar satu kawasan tertentu dengan kawasan lainnya.
Misal : ASEAN dengan MEE.
Perdagangan multilateral : adalah perdagangan yang dilakukan oleh banyak Negara.
Makalah Perdagangan Makalah Perdagangan Reviewed by Selalu Ada on November 03, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.