Pengertian Idealogi Menurut Para Ahli


1. Karl Maanheim : Ideologi sebagai sistem pemikiran yang berguna dalam mempertahankan orde sosial tertentu.

2. David McLellan : Ideologi adalah konsep yang sulit diraba dan paling terselubung dari keseluruhan ilmu-ilmu sosial.

3. Karl Marx : menyatakan bahwa ideologi merupakan alat untuk mencapai kesetaraan dan kesejahteraan bersama dalam masyarakat.

4. Antonio Gramsci : menyatakan ideologi yang dominan tidak hanya dapat dimenangkan melalui jalan revolusi atau kekerasan oleh institusi-institusi negara tetapi juga dapat melalui jalan hegemoni melalui institusi-institusi negara dan institusi-institusi lain, seperti institusi agama, pendidikan, media massa, dan keluarga.

5. Machiavelli : ideologi adalah sistem perlindungan kekuasaan yang dimiliki oleh penguasa.

6. M. Sastraprateja : ideologi adalah sebagai perangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang diorganisir menjadi suatu sistem yang teratur.

7. Murdiono : ideologi adalah kompleks pengetahuan dan nilai yang secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang (masyarakat) untuk memahami jagad raya dan bumi seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengelolanya.

8. Ali Syariati : mendefinisikan ideologi sebagai keyakinan- keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa atau suatu ras tertentu.

9. Harold H. Titus : mendefinisikan ideologi adalah sebagai suatu istilah yang dipergunakan untuk sekelompok cita-cita. mengenai berbagai macam masalah politik dan ekonomi serta filsafat sosia serta filsafat sosial yang dilaksanakan bagi suatu rencana sistematis tentang cita-cita yang dijalankan oleh kelompok atau lapisan masyarakat.

10. Alfian : menyatakan ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil, mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.

11. C.C. Rodee : ideologi adalah sekumpulan gagasan yang secara logis berkaitan dan mengidentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan pelakunya.

12. Destutt de Tracy : mengartikan ideologi sebagai"science of ideas" di mana di dalamnya ideologi dijabarkan sebagai sejumlah program yang diharapkan membawa perubahan institusional (lembaga) dalam suatu masyarakat.

13. Descartes : ideologi adalah inti dari semua pemikiran manusia.

14. Francis Bacon : ideologi adalah sintesa pemikiran mendasar dari suatu konsep hidup.

15. Dr. Hafidh Shaleh : Ideologi adalah sebuah pemikiran yang mempunyai ide berupa konsepsi rasional, yang meliputi akidah dan solusi atas seluruh problem kehidupan manusia.

16. Hegel : Dalam bukunya “An Introduction to Hegel, Freedom, Truth and Histoty ” karangan Stephen Houlgate (2005), mensitir pendapat Hegel bahwa ideologi adalah produk kebudayaan dari suatu masyarakat. Dalam arti tertentu. ideologi merupakan manifestasi kenyataan sosial.

17. Soerjanto Poespowardojo : Dalam bukunya yang berjudul “Filsafat ilmu Pengetahuan ” (2000), disebutkan bahwa ideologi adalah konsep pengetahuan dan nilai yang secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang atan masyarakat untuk memahami jagat raya dan bumi seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengolahnya.

18. Padmo Wijayano : Dalam bukunya yang berjudul “BUnga Rampai Sejarah – Sosial – Ekonomi” (2005), beliau berpendapat bahwa ideologi adalah kesatuan yang bulat dan utuh dari ide-ide dasar.

19. Rolf Schwarz : Mendefinisikan ideologi sebagai kepercayaan atau sekumpulan kepercayaan.


20. Mubyarto : Ideologi adalah sejumlah doktrin kepercayaan dan simbol-simbol sekelompok masyarakat atau suatu bangsa yang menjadi pegangan dan pedoman karya atau perjuangan untuk mencapai tujuan.
Pengertian Idealogi Menurut Para Ahli Pengertian Idealogi Menurut Para Ahli Reviewed by Selalu Ada on November 02, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.