Pengertian Vektor & Software Aplikasi Grafis Berbasis Vektor



PENGERTIAN VEKTOR&SOFTWARE APLIKASI GRAFIS BERBASIS VEKTOR
Grafis vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu.
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

SOFTWARE APLIKASI GRAFIS BERBASIS VEKTOR
Citra tersusun atas garis dan bentuk geometris (kurva). Bersifat resolution independent yang mempunyai arti gambar tetap baik tanpa tergantung resolusinya. Jadi meskipun diperbesar tetap tidak berkurang kualitasnya.
Software untuk menghasilkan citra grafis berbasis vector dikenal dengan istilah Draw Software. File gambar bertipe vector yang terkenal EPS (Encapsulated Post Script) dan CGM (Computer Graphic metafile).Software ini terbagi menjadi 2 :
1.       Software aplikasi vector 2 dimensi
– Adobe Illustrator, macromedia freehand dan Corel Draw
2.       Software aplikasi vector 3 dimensi
–   Maya 3D, Strata 3D CX, Ulead COOL 3D, Swift 3D, AutoCad, 3D Home Architect
·        Kelebihan Grafis Vektor
a.       Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien
b.      Objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya
c.       Dapat dicetak pada resolusi tertingi printer Anda
d.      Menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan
·        Kekurangan Grafis Vektor
a.      Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap
Editor grafik vektor
Mengenali beberapa konsep asas seperti grafik vektor, grafik bitmap dan resolusi dapat membantu dalam menghasilkan hasil kerja yang berkesan. Pada dasarnya, grafik komputer terbahagi kepada dua kategori – grafik vektor and imej bitmap. Memahami perbezaan di antara kedua jenis grafik dapat membantu semasa anda membuat kerja. Sesetengah format fail hanya dapat menampung imej bitmap, manakala sesetengah format fail yang lain hanya menampung grafik vektor. Sebagai contoh, imej bitmap yang diimport ke dalam Adobe Illustrator tidak boleh disunting. Imej tersebut hendaklah disunting di dalam perisian seperti Adobe Photoshop. Apa itu grafik vektor? Grafik vektor terbina daripada garisan-garisan yang mengikut istilah matematik – vektor. Vektor menggambarkan grafik mengikut rupabentuk geometri grafik tersebut. Sebagai contoh, sebiji tayar basikal di dalam format grafik vektor terbina daripada definisi matematik di mana sebuah bulatan dengan radius tertentu, ditetapkan pada lokasi tertentu, dan terisi dengan warna tertentu. Grafik tersebut boleh dialih lokasinya, diubah saiznya, atau ditukar warnanya tanpa kehilangan kualiti grafik. Grafik vektor tidak bergantung kepada resolusi – grafik boleh diubah saiznya dan juga dicetak di atas mana-mana pencetak tidak kira berapa resolusinya tanpa kehilangan kualiti grafik tersebut. Kesimpulannya, grafik vektor adalah paling sesuai untuk teks (terutamanya teks yang kecil) dan grafik yang tebal (bold) di mana apabila diubah saiznya garisan yang jelas mestilah tidak hilang kualitinya – sebagai contoh, logo. Disebabkan monitor komputer memaparkan imej menggunakan grid, kedua-dua grafik vektor dan bitmap dipaparkan sebagai piksel.

5 Macam Software Grafis Berbasis Vektor



Merupakan Software yang dapat menghasilkan gambar digital yang berbasiskan  persamaan matematis. Gambar Vektor terdiri dari penggabungan koordinat-koordinat titik menjadi garis atau kurva untuk kemudian menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi  pecah walaupun diperbesar atau diperkecil. Gambar vektor umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan gambar bitmap. Beberapa format gambar vektor di antaranya: SVG, EPS, dan CDR. Contoh Software :
1. CorelDraw
Corel Draw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan yang  bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 14 yang dinamai X4 dirilis pada tahun 2008. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasi Windows 2000 dan yang lebih baru. Versi CorelDRAW untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah.
2. Macromedia FreeHand
Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris) diorientasikan untuk pasar  pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk Microsoft Windows dan Mac OS X.
3. Corel Designer
Sebuah fitur lengkap program Windows gambar dari Corel yang telah banyak digunakan oleh ilustrator teknis. Originally developed by Micrografx, which was acquired by Corel in 2001, Corel DESIGNER is a very sophisticated vector graphics program providing many features of a CAD program, including layers and dimensioning. Awalnya dikembangkan oleh Micrografx, yang diakuisisi oleh Corel pada tahun 2001, Corel DESIGNER adalah vektor grafis yang sangat canggih program yang memberikan banyak fitur dari program CAD, termasuk lapisan dan dimensi. DESIGNER generates its own file types (DRW, DS4 and DSF) and also imports and exports all the major graphics formats. DESIGNER menghasilkan jenis file sendiri (DRW, DS4 dan DSF) dan juga impor dan ekspor semua format grafis utama. DESIGNER was the first application to bring the graphics capabilities of the Macintosh to the Windows platform back in the days of Windows 3.0. DESIGNER adalah aplikasi pertama untuk membawa kemampuan grafis dari Macintosh untuk platform Windows kembali pada hari-hari dari Windows 3.0. See CorelDRAW and Corel . Lihat CorelDRAW dan Corel .
4. Adobe Illustrator
Adobe Illustrator telah lama eksis, dikenal dan banyak digunakan seperti halnya Corel Draw. Keduanya menyediakan sejumlah besar fasilitas dan berbagai kemudahan proses. Persaingannya cukup ketat dan sangat menguntungkan pemakainya. Secara garis besar dan  prinsip penggunaan Adobe Illustrator sama persis denga CorelDraw, sehingga Tampilan isi daripada Jendela memiliki tampilan yang sama. Sistem Adobe Illustrator menyediakan berbagai variasi pemakaian fasilitas Toolbox melalui  pemakaian tombol keyboard. Sayangnya variasi pemakaian tombol tidak diinformasikan ketika memproses suatu objek melalui fasilitas Toolbox mak diharuskan menghafalnya sehingga ini cukup menyulitkan bagi pemula. Sistem Adobe Illustrator juga menyediakan fasilitas Control Palette yang berguna mengatur variasi pemakaian fasilitas Toolbox, hal yang sama seperti fasilitas Property Bar pada sistem CorelDRAW.
5. Xara Xtreme
Xara Xtreme (sebelumnya Xara Studio, Xara X) adalah 2D vektor editor grafis yang dibuat oleh perusahaan perangkat lunak Inggris Xara , yang diakuisisi oleh perusahaan Jerman Cari Syarat masuk AG pada tahun 2007, dan sekarang beroperasi sebagai milik anak perusahaan yang sepenuhnya. Xara Xtreme awalnya dikembangkan untuk Microsoft Windows dan versi komersial saat ini hanya berjalan pada Windows.. Versi hingga 4.x dapat dijalankan di Linux dengan Wine . . Xara Xtreme untuk Linux (sebelumnya Xara Xtreme Xara LX LX atau singkatnya) adalah versi open source untuk Linux .


PROGRAM GRAFIS BERBASIS VEKTOR
Desain grafis berbasis vector adalah desain grafis yang berbasis besaran dan arah, atau magnitude dan direction.Pada citragrafis berbasis vector, terdapat ciri-ciri sebagai berikut.
A.      Tersusun oleh kurava (path). Path terdiri dari garis dan beberapa titik atau disebut anchor point.
B.       Bersifat resolution independent, artinya kualitas gambarnya tetap baik tanpa bergantung resolusinya. Jika gambar diperbesar, warna tetap kontinu/baik dan tidak pecah warna maupun bentuknya.
C.      Cocok unutk pembuatan gambar dengan warna yang sederhana.
D.      Gradasi warna harus diolah dulu oleh desainer.
E.       Meniympan gambar dengan format EPS, WMF atau sesuai dengan program yang dijalankan,     misalkan CorelDraw dengna format CDR, Macromedia Freehan dengan format F,Adobe Illustrator dengan format AI.
F.        Nyaman digunakan untuk me-layout publishing, membuat font dan ilustrasi.
G.      Space penyimpanan lebih kecil.
 Software unutk menghasilkan citra grafis berbasis vector dikenal dangan istilah Draw Software. Software ini dapat dikelompokan menjadi dua bagian, yaitu software aplikasi grafis berbasis vector 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D).
A.      Software aplikasi grafis berbasis vector 2D Yang termasuk kategori ini antara lain Adobe Illustrator, Macromedia Freehan, dan CorelDraw.
B.      Software aplikasi grafis berbasis vector 3D
Draw software untuk grafis 3D antara lain Maya3D, Strata 3D CX, Ulead COOL 3D, dan Swift 3D. selain itu ada pula Draw Software yang biasa digunakan dalam bidang teknik (perancangan) seperti AutoCad dan 3D Home Architect.


CONTOH GAMBAR  VEKTOR :

Pengertian Vektor & Software Aplikasi Grafis Berbasis Vektor Pengertian Vektor & Software Aplikasi Grafis Berbasis Vektor Reviewed by Selalu Ada on October 24, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.